euforia t.a

Posted on February 7, 2011

4


Pertengahan desember 2010, aku mampir kerumah tomat, kunjungan mahasiswa tingkat akhir senasibsepenanggungan,dan senekat. Gimana enggak nekat? Deadline TA sisa 1 bulan lagi, dan laporan KP (kerja praktek) kami belum juga menunjukkan tanda2 berakhir, bolak-balik di meja pembimbing dengan revisi-revisi kecil.birokrasi yang bertele-tele mbikin kami frustasi. Ditambah dengan tomat mesti ke ibukota, ikut pindahan kantornya portal penjualan online itu, deadlinenya tgl 6 februari mesti berangkat.

Kami bengong, melihat molen dan jely -anjing piaraan tomat- berlari2 riang di halaman, “kaya’nya ga ngejar deh,na..aku mau mundur deh, ambil TA lanjutan aja” kataku, “ iya nih..sepertinya lanjutan deh…” sahut tomat datar…kami menghela nafas.

Beberapa hari kemudian,di sore yang suram, mendung dan kelabu, tiba2 bu dosen pembimbing 2 ku nelpon, wah…tumben2an, lagian aku udah lama ga asistensi kesana, dimarah kaya’nya nih..aku jawab dengan intonasi seramah mungkin,tak lupa ditambah senyum,”haloo”,

“guung..kamu mau maju TA semester ini,kan!?” serang suara cantik diseberang sana,

“i..iya bu, klo ibu ngasi…hehe” jawabku

“ya sudah, cepet sini bawa desainnya, udah lama kamu ga asistensi juga, kapan bisa kamu bawa?”

“oh..hmm…2 hari lagi ya,bu..bisa?”

“okee,semangat,gung!” balas suara diseberang dengan riang.

Semangat meningkat lagi. Kebetulan juga jadwal ujian KP udah keluar, minggu depan. Huahaha…sibuk,semangat!!

dorongan semangat dan harapan bkin saya maju lagi,uyeaaahh! Akhir tahun 2010 pun diwarnai dengan ketatnya jadwal,kampus dan sekolah, jadwal diluar buang aja dulu, ada yg nawarin job lagi, hubungi kembali bulan februari ya, persetan deh, ni TA bikin mood jdi kaya jazz..swiing, dan supersensitif, apalagi deket2 ujian TA, jdi manajemen penonton dangdut, sengcok! Ada yang Senggol-bacok pake pensil! Uyeaah. Soale ujian di kampus seni ini sebenernya sih biasa aja, tapi persiapannya itu lhoo yang bkin emosi, bkin ini, bikin itu, ngeprint disana, cetak disini, bahan disana.

Koprol,backroll, kayang, berdiri pake tangan, sepedaan dengan batik dan ber-jas hujan, mengawali tahun 2011, deadline makin mepet, tgl 10 januari udah harus daftar TA, klo ga daftar, ya ga ikut ujian semester ini, sial! Dan tgl 17 januari udah pameran TA, minggu depannya udah mulai memasuki minggu ujian! Arrrgghhh…

Sampai daftar TA, dari 10 media promo yang diwajibkan, aku baru menyelesaikan 8 media promo

Ah, mari kita backroll dlu ke awal semester 9 ini, ditengah kemelut KP yang berantakan gara2 administrasi kampus (ini murni aku tuduhkan ke administrasi kampus! Karena surat balasan dari perusahaan sudah nyampe kampus, sedangkan kami tidak tercatat mengikuti KP, damn!), setelah nego sama pak kaprodi yg kebetulan waktu itu moodnya lagi bagus,aku dan 4 kawan lainnya yang bernasib sama akhirnya diijinkan ngambil TA juga,janjinya waktu itu akan segera ujian setelah laporan diperiksa. Nyatanya, asistensi laporan aja smpe bolakbalik 1 semester. TA yg aku ambil berjudul: perancangan media komunikasi visual sebagai sarana promosi Imo Syrup. Jangan tanya latar belakang, tujuan, daftar pustaka,dll..liat aja di pengantar karya ku.hehe. Intinya aku buat media promo untuk mempromosikan produk tersebut.

Kembali lagi ke sisa 2 media yang belum slesai, di detik2 akhir mendekat pembukaan pameran, dari diskusi dengan pembimbing dan kawan2, akhirnya genap juga 10 media. Huhuy. Memang sih, 2 media terakhir menurutku masih jauh dari ‘sesuai dengan keinginan’. Hahahaha. Dan akhirnya kawan2, aku dapet jadwal ujian hari rabu siang. Seperti apa ujian mahasiswa deskomvis? Kamu ada di ruang sidang yg pengap dan gerah, mempresentasikan karya mu di depan 3 penguji, didampingi 2 orang pembimbing, sidang TA adalah saat terganteng dan tercantik dari mahasiswa deskomvis, dari yang biasanya kumel, pke pakaian yang ajaib dan suka-suka-gue, disini kostumnya kemeja putih,bawahan celana/rok kain hitam, dan lengkap dengan dasi. Uyeaah, dasi! Lihat saja foto2 kami di album Með Suð í Eyrum Við Spilum Endalaust dan Síðasta Áfanga Beda,bukan!? Hahahaha

Seperti biasa, aku selalu menyelesaikan presentasiku beberapa saat sebelum presentasi,uh..kebiasaan buruk! Bangun pagi, mempersiapkan mood agar tetap baik, minum teh hangat dan bolu yang kebetulan dibawain sama adik sepupu yg pagi2 udah mampir. modalku ujian kali ini adalah belajar secukupnya dan mempersiapkan mental! “ apa yang lebih menegangkan dari jumat sore waktu magang?!” tanyaku ke esha sebelum ujian dan saat bersamaan esha akan ujian KP, “nothing!!” jawabnya penuh keyakinan. Beberapa menit sebelum ujian aku menghampiri pembimbing 2 ku yang baik, “ibu apa kabar hari ini? Masih pusingnya? Migrainnya?” tanyaku, “ngga apa-apa, sudah sehat” jawab si ibu, ”amiin, mudah2an ga vertigo ngeliat saya presentasi,bu” sahut saya sambil nyengir kuda, ibunya malah ketawa. Ketua sidang mempersilakan masuk, dan memberikan waktu 15 menit utk presentasi, yak,‘lawak show’ dimulai.

4 x 15 menit mengalir begitu saja, ternyata benar, ‘tidak ada yang lebih menegangkan dari jumat sore waktu magang’, aku cuma menjaga agar tidak sampai mengecewakan pembimbing 2 dan pembimbing 1 ku yg hari itu tampak bersemangat dan baik, sueerr..selama 4 tahun lebih kuliah disana, baru kali ini aku lihat dia sangat baik. Pak jay benar.hahaha. Tanya – jawab lagi setulus hati, ngeles dikit, tambahin busa2, mundur teratur, tampang pasang bengong klo ga ngerti, tatapan penuh minat dan semangat, dan jangan malu utk mengakui kesalahan. (iyalah, pengantar karya pasti berantakan banget). Dan sidang ditutup dengan terimakasih,permohonan maaf kalo pertunjukkan kurang lucu, dan salam2an, aku keluar dengan lega, ku aktifkan kembali ponselku, write new message < ketik [selesai🙂 ] kirim.

beberapa media promo Imo Syrup

 

sangat bersyukur, TA ini bisa berjalan lancar, dari bimbingan, walaupun diganti di pertengahan, ternyata dapet pembimbing yang lebih oke. Dosen interior yang sangat menguasai dan memahami judul TA saya, jauh melebihi pembimbing 1 saya yang asli dari jurusan DKV, waktu pendaftaran juga, dengan modal yang pas-pasan, pas mau nyari tandatangan ketua jurusan, pas bgt bapaknya lewat, pas nyari PD1, pas juga PD1 baru slesai rapat. Fiuhh.

Okeh, sekarang giliran kloter kedua, Sanjaya, Esha, Abe, Jayax, Desi, Pita, Janot, Martin, Lya, Lingga, Dwi,…siapa lagi? Tetap semangat, menuju #toga2011

Oia, kawan nekat saya, tomat. Akhirnya ikut juga maju. Padahal pembimbing 2 nya judes lhoo..hihihi. Akhirnya kami ujian barengan juga, diinget2 tomat ini kawan saya menyusuri denpasar utk ngejar cetakan, penjilidan, dari semester awal, rute kami dari rumah nitha, ke panjer, waturenggong, hayam wuruk. Setengah denpasar deh! Hahaha..toss donk,mat😉

Posted in: desain grafis, DKV