suka-suka

Posted on November 21, 2009

2


Malam tadi smpat nonton kickAndy, ngomong2 kickAndy, jdi inget video taping di tvri kmren, sama2 kaku, tpi kok si mas andy nih bisa ngbawain dengan luwes ya? Ehm..oke,kmbali lagi ke acara tadi malam. Topiknya adlah tentang anak2 muda yg memilih jalan musik yg berbeda pada umumnya, ato saya dan kawan2 menyebutnya scene indie. Pertama dibuka oleh goodnight electric yg waktu soundrenaline kmren katanya soundnya ga ok, tapi tadi di tipi lumayan, grup pop-synth atawa elektronik trio berasal dari jakarta, tapi tadi cm tampil berdua,henry foundation (itu nama asli ya?) dan mr.goodboy. oom leo (menurut twitter dan kawan2nya) lgi di new delhi, setelah jeda iklan muncul gadis manis dari jogja, sekilas aku ngeliat mirip vokalisnya Letto, mereka memanggilnya Frou,tampangnya manis, dan tidak ada yg terlalu istimewa, tapi ketika dipersilakan bermain bersama oscar-pianonya, terdengar suara merdu dan rangkaian nada dan kata yg cermat!apalagi denger2 klo dia bagiin lagunya gratis! “mesin penenun hujan”. Langsung googling! Kemudian muncul band dengan 6 vokalis dan belagak kidal (karena mereka ga ada yang kidal uhehehehe, tapi keren dude!), sebut saja SORE. Alasan milih nama sore, “karena sore itu, berkesan tegas!cb tulis SORE dgn kapital semua. Selain itu kalo dibalik, EROS, dalam bahasa yunani artinya CINTA” ujar vokalis sore, “wah..anak muda pinter ngarang..ha..ha..ha..canda Andy F. Noya, “eits..ada lagi” sahut vokalisnya lagi,” bisa jg disebut ROSE –bunga tanda cinta. Ha..ha..ha” semua penonton tepuk tangan. Cerdas!!kata saia..musik mereka pun terdengar sangat cerdas. Jujur saja, karena terlalu cerdasnya smpe ga termasuk di playlist saia..hehe. kemudian ada pemenang dari yamaha music contest, mudah2an mereka bisa sukses dan menghasilkan musik2 berkualitas, dan terakhir bintang tamu dari wsatcc – white shoes and the couples company, melihat mereka sperti melihat album foto ibu dan ayah saia. Berasa kembali ke jaman mereka seumuran saia sekarang..lebih muda mungkin. Hehehe, dan tetep..aprillia apsari manis bgt!!huhuyy!

Pertanyaan wajib di setiap band, ‘gimana cara kalian biar bisa bertahan sampe sekarang,ato supaya berhasil di scene indie ini’, rata2 jawabannya sama, yg paling aku ingat dari wsatcc, “ kita bermusik, ngeband utk senang2, apapun musikmu, buatlah, berkreasilah, tunjukkan pada dunia, nanti akan muncul dengan sendirinya”. setujuu! dlu aku mulai bermusik jg gtu, yg pnting suka2. Tapi ga smpe jauh, ga semua personel bisa suka2, fokus mulai terbagi-bagi, ada kesibukan lain dluar ngeband, itulah salah satu alasan akhirnya aku mundur dari musik.dari ngeband. Setelah ngeliat acara tadi, aku rindu akan suasana itu, semangat kebersamaan nentuin lagu, semangat…bersenang2!seringkali lupa makan,hingga malemnya hbis latian bru makan mie, mie monster di jl. drupadi, yg porsinya kaya monster tuh. Makanya dlu bsa habis. Hahahaha.

Selepas sma, rencananya aku fokus ke desain aja, tapi tetep aja ga bisa berpaling dari musik, kebetulan temenku jg msh intens di jalur indie, berusaha membentuk band baru lagi, untuk mengobati kangenku (selain jg menebus dosa) aku bersedia jdi tukang foto keliling panggung, aku buat majalah online utk musisi indie. Senang rasanya melihat, merasakan, terlibat dalam semangat para pemudi dan pemuda dalam membakar idealisme mereka, mendengar sesuatu yg langsung dari hati.

Inspirasi hari ini dari wsatcc,selain vokalisnya manis..hehehe, ceritanya unik. mereka membuat merchandise dlu, bru setahun kemudian bandnya ada. Alasan ga masuk major, karena ga bisa ngikutin cara kerja major, mereka mencintai dunia masing2 selain musik, sperti ngajar, seni rupa…well!asyiikk! ternyata ga cuma kutakkutik depan komputer dapet duit—yg ternyata itu sangat membosankan, tapi, cintailah pekerjaanmu!

Posted in: music indie