hunting di ‘Batavia’

Posted on October 13, 2009

7


kotaTuakotaTua

Liat2 di majalah, Koran, forum2 foto, ada satu spot di Jakarta yg ingin aku kunjungi, Kota Tua. Kata mas Sapi – temen dari IKJ, KotaTua itu dlunya adalah pusat pemerintahan. Klo disini, kaya di jalan gajah mada laah…bangunannya tua2 gtu, tpi ini ada (eks) gedung pemerintahannya.

Seperti yg aku ceritain di posting sebelumnya, klo ga ketemu Yogi, mungkin aku bakal ngendon di studio smpe waktu pulang.huehehe…, Yogi bilang, ntar jam 1 mo ke kota Tua, kumpul di gedung pameran Seni Rupa IKJ, ntar ada temen2 IKJ yg nemenin sama pak Arba juga. Jam 1 wib, sesuai permintaan, aku jalan ke lokasi perjanjian. Di depan ruang pameran sudah ada 3 orang yg lagi ngobrol bareng, begitu aku mendekat, si mbak bertanya kepada ku, ‘mo ikut hunting ke kota tua ya?’, wah…kaya’nya di muka ku udah ketulis –mau ke kota tua-, ternyata mbak tadi yg mo nganter jalan2 ke kotaTua, si mbak namanya Yayuk, trus pria yg tinggi berkacamata ngakunya sih sapta, tpi sering dipanggil Sapi. Satunya lagi,namanya Dayat, penggemar kamera Lomo.

Dari janji jam 1, 45 menit kemudian baru pak Arba datang, kamipun berangkat, peserta tur sore itu ada 7 orang, mbak yayuk, Sapi, Dayat, Titi (dari Padang panjang), aku, yogi, dan pak arba. Pertama kami naek metromini ke stasiun Cikini utk nyari kereta ke stasiun Kota. Pengalaman kedua naik kereta,Titi terlihat antusias, pertama kali naik kereta,katanya. menyenangkan, sayangnya ini Djakarta,bung!ga bisa seleha-leha di solo. Mata msti awas, tas segede dosa digendong di depan,mirip emak badak lgi hamil trus naik kereta.huff…!sekitar 30 menit terombang-abing di kereta, akhirnya kami tiba di stasiun Kota. “yap!inilah wilayah KotaTua” ujar Sapi begitu keluar dari stasiun. Yahbangunanya tampak antik-kalo ga bole dibilang kuno. Untungnya cuaca sore itu cerah, tidak sperti sore2 sebelumnya yg selalu hujan, kami langsung kalap!nyari objek utk dipotret dan latar belakang menarik utk foto keperluan facebook!hwahahaha

oleh2 dari pelabuhan Sunda Kelapa ^^

oleh2 dari pelabuhan Sunda Kelapa ^^

Kami tiba disna sudah agak sore, sekitar jam setengah 4. Seharusnya golden moment tuh, bru memahami keadaan, bru menyelami halaman depan kantor pemerintahan, bru motret barisan sepeda onthel/ojek sepeda, eh, pak Arba minta ke pelabuhan Sunda Kelapa. Aku  ma yogi sih maunya ngabisin ditempat ini dlu, kaya’nya sekali aja ga bakal habis deh, tpi karena takut ditinggal jg, yah, ikut aja deh…, kesananya numpang bajaj, karena ber-7, satu bajaj ada yg 3 orang, ada yg ber-4!hahaha..suer 4 orang masuk bajaj mungil itu.yg akhirnya memantapkan kecurigaanku klo bajaj itu berasal dari luar angkasa, psti mata2 optimus prime distrik Jakarta!hmm..hmm..(angguk2 ala jagoan jepang). Sampailah kami ke sunda kelapa dengan penuh keceriaan, dsna ternyata lagi ada perbaikan jalan, karena posisi kapal di sebelah barat, dan kami datangnya sore, ga ada foto laen selain sunset..huhu…kegiatan pelabuhan jg ga begitu banyak, mau ke perkampungan nelayan,tanggung…eh, di pelabuhan ini kebanyakan orang2 dari Sulawesi, bugis gtu, udah lama disini, ‘yaa..sekitar 30 tahun laah’ kata bapak ojek perahu yg sempat aku ajak ngobrol.

Matahari ud semakin tenggelam, balik aja deh, lgian ntar malem ada screening hasil workshop. Dan ternyata, dari Sunda Kelapa, kami msti balik dlu ke kotatua, bru nyari busway…walaah..tau gini aku tunggu di kotatua aja y. pertama kalinya naek transjakarta nih. Asyiikk!tapi ngantrenya lama, di halte pertama (bener ga namanya halte??) ruame buanget!!ud keringetan karena jalan2, sekarang desek2an bersama puluhan orang di tempat sumuk..fuaahhhh! ini Djakarta,bung! Akhirnya bisa juga masuk bus oranye-merah bergambar garuda (ato elang?),didalemnya adem. Keren jg sih, dia berhenti selama beberapa waktu, ada ato ga ada orang, yg pnting interval tertentu, jalan lgi, sempat jg aku liat seorang ibu ketinggalan bus…hihihi, pengen jg di bali ada kaya’ gini. Biar ga usah bawa motor, kan enak ada yg nyupirin.wekekeke…sayangnya perjalanan kami cuma sampe halte di depan BI, ga ada jalur ke TIM, berikutnya naek metromini lgi, tpi penuh semua, dan taksilah pilihan terakhirnya.hwahahaha.

Makasih buat mbak yayuk,mas dayat dan Sapi yg udah nganter jalan2,sayatingtongng cm bentar, masih banyak tempat yg belum dijelajahi. Kapan2 anterin lagi yoo!😀

Posted in: fotografi