mari melihat gerhana matahari cincin

Posted on January 23, 2009

3


gerhanaMenurut kompas hari ini, tanggal 26 januari 2009 bakal ada gerhana matahari cincin, yg katanya terakhir muncul 9 tahun yang lalu. Gerhana matahari cincin adalah peristiwa tertutupnya cahaya matahari oleh bulan, akan tetapi bulan tidak menutup sepenuhnya, sehingga di sekelilingnya terlihat pendaran cahaya menyerupai cincin. Uhm…udah pernah nonton ‘Heroes’? yaa..kaya’ gtu dah!

Menurut sumber dari wiki, gerhana matahari paling lama adalah selama 7 menit 40 detik. Dan ketika gerhana terjadi, kita tida boleh melihat langsung ke arah matahari, nggaa…pake kamera juga ga boleh! Untuk melihatnya diperlukan alat khusus.trus katanya juga pke kacamata sunglasses jg ga bisa, karena kacamata itu ga bisa menyaring radiasi infrared ke mata.wuiiihh! Eh, tapi waktu SD dlu temenku pernah ngajakin aku ngliat gerhana matahari klo ga salah gerhana matahari sebagian waktu itu, pake klise film beberapa lapis gtu..hasilnya?sekarang aku jadi mahasiswa yg bodoh bin ganteng dan tampan…. ….well, 3 kata terakhir ga usah dipikirin. Karena mitos2 tentang gerhana jauh lebih menarik, ada yg mengatakan klo gerhana itu terjadi karena ada raksasa yg memakan bulan (gerhana bulan) dan matahari (gerhana matahari), orang dulu klo ada gerhana biasanya mereka panik, segera membunyikan bunyi2an agar si raksasa segera pergi dan mengembalikan matahari/bulan agar bersinar kembali. untung aku segera sadar, sejak kelas 2 SD aku tahu klo itu cuma dongeng!mana ada raksasa yg bisa makan matahari!?matahari kan panas bgt, gede lgi!!mwuahahahaha, tapi penjelasan bahwa bulan menutupi matahari ketika gerhana matahari dan bayangan bumi yg menutupi bulan ketika gerhana bulan lamaaa bgt aku cerna, alhasil setelah masuk SMP baru aku sadar bahwa ada hukum perspektif!oooh….

Ok, kembali lgi ke gerhana matahari di imlek besok, read more

Posted in: humaniora